Kendali Motor 3 fasa Bergantian Otomatis, Membalik arah Putar Otomatis, Berurutan Otomatis, Bintang Segitiga Otomatis Pada Trainer, Matering Amperemeter dan Voltmeter

LAPORAN INSTALASI LISTRIK INDUSTRI

Kendali Motor 3 fasa Bergantian Otomatis, Membalik arah Putar Otomatis, Berurutan Otomatis, Bintang Segitiga Otomatis Pada Trainer, Matering Amperemeter dan Voltmeter

Nama   :Nika Febriani

NIM    :15501241004

Prodi   :Pendidikan Teknik Elektro S1

JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2017

 

  1. TUJUAN

Mahasiswa dapat menggambar rangkaian dan merangkangkai pada trainer :

  1. Kendali Motor Bergantian Otomatis
  2. Kendali Motor Membalik Arah Putar Otomatis
  3. Kendali Motor Beruruan Otomatis
  4. Kendali Motor Bintang Segitiga Otomatis
  5. ALAT DAN BAHAN

Alat

  1. Magnetic Contactor (MC)
  2. Push Button On
  3. Push Button Off
  4. MCB 1 Fasa
  5. OL
  6. Lampu Indikator
  7. MCB 3 fasa
  8. TDR Relay
  9. Motor Listrik
  10. Kabel penghubung
  11. DATA PENGAMATAN

Terlampir

  1. ANALISIS DATA
    1. Kendali Motor Bergantian Otomatis

Pada rangkaian kendali ini menggunakan 1 MC, 2 PB ON dan 1 PB OFF. Prinsip dari rangkaian ini adalah saat salah satu motor dinyalakan makan motor lain tidak bisa dinyalakan karena pada rangkaiannya sebelum masuk MC masing masing dari PB ON terlebih dahulu masuk ke kontak NC MC sebelahnya. Jadi saat PB ON 1 ditekan maka NC pada MC 2 akan membuka dan apabila ditekan tidak akan ON sebelum MC 1 di OFF kan. Dan pada setiap PB ON tetap dikunci dengan NO masing masing agar bisa tetap menyala saat PB dilepas

  1. Kendali Motor Membalik Arah Putar Manual

Pada rangkaian kendali ini menggunakan 1 MC, 2 PB ON dan 1 PB OFF. Prinsip kendali dari rangkaian ini hamper sama dengan kendali motor bergantian. Teteapi hanya mengguankan 1 motor saja yang akan dig anti rah putarnya. Jadi pada rangkaian powernya fasa yang masuk ke motor 2 diantaranya dibalik contoh fasa R dengan S.

  1. Kendali Motor Berurutan Manual

Untuk kendali motor berurutan ada 3 macam dan masing masing berbeda rangkaian kontrol dan prinsipnya. Untuk yang hidup bersama mati berurutan yaitu PB OFF dirangkai seri dengan ON 1 lalu ON 2 disambungkan setelah ON 1, jadi motor 2 tidak bisa di nyalakan jika motor 1 belum dinyalakan. Untuk setiap PB ON dikunci dengan kontak NO masing masing.

Untuk yang hidup berurutan mati berurutan. OFF 1 di seri dengan ON 1 lalu OFF 2 seri dengan ON 2 disambung setelah ON 1. Untuk setiap PB ON dikunci dengan kontak NO masing masing. Dan khusus PB OFF 1 dikunci dengan kontak NO 2, jadi motor 2 belum bisa dinyalakan jika  motor 1 belum menyala dan motor 1 tidak bisa dimatikan jika motor 2 belum dimatikan.

Unuk yang terakhir yaitu hidup bersama mati berututan, OFF 1 diseri dengan ON dan OFF 2 didapatkan setelah ON, tetapi sebelum masuk OFF sebelumnya disambung dengan kontak NC 1 yang dipararel dengan kontak NO 2. Dan seperti tadi OFF 1 dipararel dengan kontak NC 2, dan untuk kontak ON dipararel dengan kontak NO 1. Jadi saat ON ditekan kedua motor akan menyala karena NC 1 sudah dikunci dengan NO 2, lalu motor 1 tidak bisa dimatian sebelum motor 2 dimatikan karena ada kontak NO 2 yang terus member sumber ke MC 1 swalaupun OFF 1 ditekan.

  1. Kendali Motor Bintang Segitiga Manual

Untuk kendali motor bintang segitiga mengunakan 3 MC yaitu 1 MC sebagai MC utama dan 2 lainnya sebagai pemindah dari bintang ke segitiga. Untuk prinsipnya OFF diseri dengan ON lalu setelah ON masuk MC 1 dan masuk ke jogging switch, ON jogging switch disambungkan ke MC 3 untuk sambungan segitiga yang sebelumnya diseri dengan NC 2 dan OFF jogging switch disambungkan ke MC 2 untuk sambungan bintang yang sebelumnya diseri dengan NC 3. Jadi saat ON ditekan makan MC 1 dan 2 akan menyala karena MC 1 langsung nyambung dari ON dan MC 2 tersambung dengan NC atau OFF jogging switch. Lalau saat jogging switch di ON kan maka MC 2 akan mati dan MC 3 menyala sedangkan MC 1 tetap menyala. Untuk rangkaian powernya dari fasa RST masuk ke MC1 lalu masuk ke U1 V1 dan W1 lalu U2 V2 dan W2 masuk ke MC 2 lalu disis sebelahnya dinuat seperti sambungan bintang. Untuk MC 3 dibuat seperti sambunag segitiga dengan jumper dari MC1 dan MC2.

 

 

  1. KESIMPULAN

Dari data pengamatan dan analisis yang ada dapat disimpulkan dalam setiap rangkaian kendali dengan alat yang sama maka belum  tentu  sama jadinya. Tergantung bagaimana kita merangkainya contoh jika menyambungkan ON 2 sebelum ON1 maka akan jadi bergantian dan jika kita menyambungkan setelah ON 1 maka akan jadi berurutan. Jadi setiap rangkaian kendali mempunyai prinsip kerja yang berbeda. Oleh karena itu juga rangkaina kendali yang ada juga berbeda walaupun alat dan bahan yang digunakan sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =